Main Article Content

Abstract

Kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran yang baik  adalah kunci keberhasilan seorang pendidik dalam menyampaikan materi. Pentingnya berbagai ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang peserta didik, membuat peneliti tergerak untuk melakukan penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran Student Team Achievement Divisionberbasis Riset (STAD) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam serta menemukan efektifitas dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatf. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang akan mengahasilkan sebuah produk yaitu sebuah model pembelajaran berupa Student Team Achievement Division) yang dikembangkan dengan riset, nantinya akan menentukan kualitas proses dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik. Adapun jenis data yang didapatkan dengan data kualitatif dan kuantitatif melalui proses pengamatan dan peneliti mendapatkan data bersumber dari buku, jurnal ilmiah dan Kepala Sekolah Dasar Negeri Jimbaran Wetan, peserta didik kelas IV  serta guru. Sedangkan jenis datanya termasuk data kualitatif  karena berupa kata, kalimat dan tindakan, juga data kuantitatif berupa nilai dari pretest dan posttest mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV bab Thaharah. Teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument yang didapatkan adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, lembaran soal tes dan gambar dokumentasi.  Remodeling pembelajaran Student Team Achievement Division berbasis Riset dalam pembelajaran PAI diterapkan dengan menyempurnakan tahap Student Team Achievement Division dari 5 menjadi 6. Yakni  dengan menambahkan dan menyempurnakan tahap pembentukan kelompok riset untuk menggalih dan mempertajam materi yang disampaikan oleh guru, melalui mencari dan mengkaji berbagai referensi.

Keywords

Remodelling proses pembelajaran hasil pembelajaran Indonesia

Article Details

How to Cite
[1]
Susi Darwati and Isa Anshori 2020. Remodelling pembelajaran student team achievement division (stad) berbasis riset dalam pembelajaran pai di sekolah dasar negeri jimbaran wetan, wonoayu, Sidoarjo. International Journal on Integrated Education. 3, 9 (Sep. 2020), 59-64. DOI:https://doi.org/10.31149/ijie.v3i9.589.

References

  1. UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Proses Pembelajaran.
  2. Anshori, Evaluasi Pendidikan, Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2004.
  3. W. Sanjaya, Kurikulum Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
  4. H. Musfiqon, Gaya Mengajar, Sidoarjo: Lizamia Learning Center, 2016.
  5. Muhadjir, wawancara dengan kepala sekolah, Sidoarjo, 2020.
  6. H. Musfiqon, Gaya Belajar, Sidoarjo: Lizamia Learning Center, 2016.
  7. R. Dahar, Teori-Teori Belajar, Jakarta: Erlangga, 1989.
  8. Borg, Education Research, New York: Longman, 1989.
  9. Sumber Dokumen SDN Jimbaran Wetan, 2019-2020.
  10. J. W.S, Life Span Development, Jakarta: Erlangga, 2012.
  11. Irgashevich, D. A. (2020). Development of national network (tas-ix). ACADEMICIA: An International Multidisciplinary Research Journal, 10(5), 144-151. Article http://dx.doi.org/10.5958/2249-7137.2020.00254.2